Misa Paskah umat Nasrani di Kupang

umat nasrani, katolik serta kristen protestan, pada kota kupang, nusa tenggara timur (ntt) dalam minggu pagi memadati semua gereja guna merayakan misa atau kebaktian paskah mengenang kebangkitan yesus kristus dari kematiannya.

padatnya umat memenuhi misa serta kebaktian paskah tersebut, diantara lain tampak selama kapel yesus maria yosef (ymy) liliba, paroki st yoseph pekerja penfui kupang juga gereja kristen emaus liliba. suasana dan sama juga terlihat selama perayaan malam paskah menjelang minggu paskah.

paskah, menurut sejumlah literatur gereja, adalah perayaan tertua selama pada gereja kristen, serta sebagai penghubung diantara kitab perjanjian berlarut juga perjanjian baru.

gereja mula-mula memperingati peristiwa kebangkitan yesus melalui perjamuan sederhana dan berdoa, namun seiring perjalanan zaman, dengan begini peristiwa kebangkitan kristus menjadi keuntungan dan bermanfaat dalam liturgi gereja.

sumber yang paling awal dan menulis perihal paskah adalah melito daripada sardis dan menulis homili berjudul peri pascha atau mengenai paskah). orang-orang kristen dalam zaman tersebut menapak tilas jalan salib (via dolorosa) dan dilalui dengan yesus.

Baca Juga: Jual Jam Tangan Online - Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online

kematian yesus di kayu salib, diperingati dijadikan korban keselamatan. berdasarkan tradisi sinoptik, paskah menunjuk di perjamuan kudus, dan didasari daripada perjamuan malam, perjamuan perpisahan diantara yesus dan murid-murid yesus.

pada malam sebelum yesus dihukum mati, yesus memberikan makna masih terhadap paskah. roti dilambangkan dijadikan tubuh-nya dan anggur dilambangkan untuk darah-nya dan adalah simbol atau perlambang diri yesus sebagai korban paskah.

dalam kitab suci kristen, rasul yohanes serta paulus yang mengaitkan kematian yesus untuk penggenapan paskah perjanjian berlalu. kematian serta kebangkitan yesus inilah dan kemudian diasosiasikan dengan istilah paskah di tradisi gereja kristen.

berdasarkan sederat literatur gereja, penetapan hari minggu paskah sempat merupakan pertentangan selama masa lampau yang akhirnya dibahas secara dipercaya dalam konsili nicea i tahun 325 dan memutuskan bahwa hari paskah adalah hari minggu.

meskipun demikian, gereja-gereja latin, tergolong juga gereja katolik roma masih tetap merayakan minggu paskah dengan cara penghitungan mereka tiap-tiap. pada abad ke-7 gereja-gereja berhasil mencapai kesepakatan perihal perhitungan tanggal minggu paskah.

di di gereja-gereja kristen, terlebih ritus latin, perayaan paskah dimulai selama hari jumat agung. gereja-gereja biasanya menyelenggarakan kebaktian dalam hari tersebut, umat katolik roma biasanya serta berpuasa pada hari jumat agung tersebut.

kebaktiannya diliputi melalui perasaan duka sebab memperingati sengsara penderitaan juga kematian yesus selama kayu salib. gereja-gereja protestan biasanya melanjutkan kebaktian dengan sakramen perjamuan paskah untuk memperingati perjamuan malam terakhir yesus.

pada hari sabtu malam menjelang paskah, gereja-gereja katolik serta gereja-gereja kristen protestan menyelenggarakan kebaktian malam paskah. pada kebaktian itu sebuah lilin paskah dinyalakan agar melambangkan kristus yang bangkit.

bagi gereja katolik roma, malam paskah biasanya serta digunakan agar sakramen baptisan kudus, malam penerimaan anggota jemaat gereja yang baru. untuk anggota jemaat yang lain, mereka serta menerima percikan air suci dijadikan lambang perbaruan iman kepercayaan mereka.

umat protestan biasanya menggabungkan kebaktian malam paskah dengan kebaktian minggu pagi, yakni mengikuti kisah dalam injil yang menceritakan kaum perempuan dan datang ke kubur yesus selama pagi-pagi betul dalam hari pertama minggu itu.

ada gereja dan menyelenggarakannya pada kurang lebih subuh (kebaktian subuh), dan biasanya dilangsungkan di luar ruangan seperti halaman gereja atau taman selama gampat ditempuh gereja, tapi banyak pula yang merayakannya sesudah matahari terbit.

kebaktian minggu paskah untuk memperingati kebangkitan yesus ini dirayakan melalui sikap penuh sukacita, termasuk lagu-lagu gerejawi dan bernuansa kemenangan.